Mode Ideologi Dunia Hari Ini

Penulis mencoba untuk menuliskan bagaimana memetakan ideologi dengan pembagian yang sederhana, agar pembaca mudah untuk memahami dan tidak kebingungan untuk membedakan antara ideologi satu dengan yang lainnya. Mari kita melihat ideologi dunia hari ini. Secara umum, ideologi di dunia ini dibagi menjadi dua, yaitu ideologi kiri dan ideologi kanan. Berbeda dengan pembagian atau pemetaan negara, kita biasanya membagi kelompok negara di dunia ini menjadi dua, yaitu blok barat dan blok timur. Ciri-ciri ideologi Kiri, mereka konsen pada perubahan tatanan sosial dan ideologi Kanan, mereka konsen pada perubahan kekuasaan/otoritas. Sedangkan dari segi perekonomian, ideologi Kiri lebih menekankan kesetraan ekonomi dan ideologi Kanan lebih menekankan ketidak setaraan ekonomi karena alasan perbedaan hierarki, bahwa manusia memiliki level masing-masing.

Lebih spesifik lagi, ideologi di dunia hari ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu ekstrim kiri, kiri, tengah, kanan, dan ekstrim kanan. Pembagian ini bertujuan hanya untuk mempermudah membaca ragam ideologi agar tidak tercampur dalam memahami. Kelompok Ekstrim Kiri memiliki ciri-ciri gerakan radikal, mereka yang menginginkan perubahan yang sangat drastis, sebuah perubahan yang seutuhnya. Sedangkan Kelompok Kiri, memiliki ciri-ciri yang liberal, kelompok ini cenderung agak lembut sedikit, mereka menginginkan perubahan yang tidak drastis namun secara gradual (perubahan secara perlahan). Kecenderungan kelompok kiri yaitu menginginkan perubahan dari beberapa aspek saja dan tidak secara keseluruhan. Ada hal-hal tertentu yang mereka pertahankan sebagai identitas awal. Kemudian Kelompok Tengah adalah mereka yang cenderung moderat. Kelompok yang menginginkan perubahan dengan melihat kondisi dan konteks, jika diperlukan perubahan maka mereka baru melakukan perubahan jika tidak ya tidak perlu melakukan perubahan.

Kelompok kanan adalah mereka yang mengusung kelompok konservatif. Mereka menyukai kemapanan dan sibuk mempertahankan kemapanan yang telah ada. Mereka mempertahankan tradisi yang telah ada dan sudah tidak memerlukan perubahan lagi. Sedangkan kelompok Ektrim Kanan adalah mereka yang merupakan kelompok reaksioner. Mereka yang mempimpikan keindahan masalalu dan sekaligus mempertahankan tradisi yang sudah ada. Mereka berkonsentrasi pada penerapan kembali kejayaan masa lampau. Mereka ingin membawa dan menerapkan tradisi lampau ke dalam tradisi saat ini dengan tidak memperdulikan relevansi kondisi dan situasi. Isu-isu kelompok kanan adalah kepemilikan pribadi, elitisme (feodal, ningrat, bangsawan, agamawan), dan nasionalisme (mereka yang memiliki otoritas baik di pemerintahan atau masyarakat). Sedangkan isu-isu kelompok kiri adalah mereka yang menjunjung hak pribadi, kesetaraan, kebebasan, dan internasionalisme (mereka yang menyukai pandangan internasional).

Nah sekarang, penulis akan membahas tentang manifestasi kelompok kanan dan kiri yang diwakili oleh ideologi dunia hari ini. Manifestasi ideologi Ekstrim Kiri adalah mereka yang berideologi Komunisme (kebersamaan masyarakat secara radikal) dan Anarkisme (individualisme mutlak & sosialisme mutlak). Sedangkan manifestasi kelompok Kiri adalah mereka yang berideologi Sosialisme (kebersamaan masyarakat). Yang mengambil posisi tengah adalah mereka yang berideologi Liberalisme (bisa kekanan dan kekiri sesuai idealnya masing-masing). Sedangkankan manifestasi ekstrim kanan adalah mereka yang berideologi fascisme (kepala negara yang memiliki ideologi kusus) dan banyak kepala negara yang memiliki ideologi khusus seperti Musholini dengan fascisme, Hitler dengan Nazisme, dan Soekarno dengan Marhaenisme. Sedangkan manifestasi ideologi kanan adalah mereka yang berideologi konservatisme (mereka yang memegang kekuasaan hari ini).

Secara politik ekonomi, ada beberapa pemetaan sistem pemerintahan di dunia ini. Negara Komunisme, mereka yang menggunakan sistem pemerintahan yang mengontrol ekonomi secara maksimal dan sekaligus melakukan kontrol politik maksimal, jadi semuanya diatur oleh pemerintah. Sedangkan negara Fascisme, menggunakan sistem kontrol politik secara penuh dan membebaskan sektor ekonominya. Kapitalisme Demokrat adalah pemerintah tidak melakukan kontrol ekonomi dan sekaligus tidak mengontrol politik, jadi semuanya dibebaskan. Sedangkan Sosialisme Demokrat, pemerintah malakukan kontrol ekonomi secara penuh dan kontrol politiknya bebas. Nah, dimanakah Indonesia saat ini? Dimakah posisi Pancasila? Silahkan dicocokin sendiri ya. Salam menulis.

Disusun oleh: Eko Romansah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s